16 PESPUR T-50i GOLDEN EAGLE PERKUAT TNI AU

JAKARTA – Sebanyak 16 unit pesawat tempur advanced trainer jet lead-in fighter trainer T50i Golden Eagle buatan Korea Selatan akan diserahterimakan dari Kementerian Pertahanan kepada Markas Besar TNI dan Markas Besar Angkatan Udara di Taxi Way Echo Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (13/2/2014).
Dalam seremoni serah terima 16 unit jet tempur yang akan memperkuat Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur, rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sejumlah menteri pagi ini.
Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marskal TNI Putu Dunia, menyebutkan, Pesawat T 50i Golden Eagle buatan Korea ini yang nantinya akan dioperasikan di Skadron Udara 15 Wing 3 Lanud Iswahyudi Madiun, menggantikan Pesawat Hawk MK 53 setelah dioperasikan sejak tahun delapan puluhan.
Dirinya menjelaskan, dengan bertambahnya alutsista ini diharapkan mampu melaksanakan tugas lebih optimal dalam mengamankan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI.
"Pesawat ini sangat canggih yang dilengkapi dengan sistem avionik  digital, persenjataan dan Radar Warning Reciver (RWR) sehingga mampu mendeteksi keberadaan musuh dari segala arah," kata KSAU, Rabu (13/2/2014)
Lebih lanjut dirinya menjelaskan, 16 pesawat ini dan 8 pesawat dipersiapkan selain sebagai pesawat tempur juga, untuk mencetak dan melatih para penerbang muda sebelum mereka mengawaki pesawat tempur generasi empat sampai empat setengah yang dimiliki TNI AU.

Untuk diketahui, Indonesia adalah operator perdana T-50i Golden Eagle di luar Korea Selatan, setelah pesawat tempur ringan multi-role itu "menang" atas empat rivalnya, yaitu L-159 buatan Ceko, Yakovlev Yak-130 Mitten buatan Rusia, M-346 buatan Aermacchi (Italia), dan Guizhou JL-9 Shanying alias FTC-2000 (Tiongkok).

Post a Comment

0 Comments