Situs Berita Seputar Dunia Militer,Industri Pertahanan,Teknologi dan Dirgantara

10 PESAWAT TEMPUR TERBAIK DUNIA SAAT INI

Selamat Datang di Strategi dan Alutsista Militer Situs Berita Militer,Spesifikasi Alat Utama Sistem Senjata,Industri Pertahanan,Teknologi Militer dan Dirgantara
Dipublikasikan pada Hari: Wednesday, 6 February 2013 // ,

Inilah daftar 10 jet tempur terbaik saat ini manurut versi situs Military-Today.com.Penilaian ini berdasarkan pada hasil analisa yang didasarkan pada kombinasi skor dari segi stealthiness,persenjataan,kecepatan,jangkauan,manuver dan teknologi.disamping itu juga termasuk kemampuan pesawat saat situasi fight di udara ( dog-fight )dalam sesi-sesi latihan.semua tipe pesawat yang terdaftar disini merupakan pesawat penghancur dan terkuat.namun tak satupun dari mereka telah menunjukan kemampuan bertempur secara dog-fight selama operasi militer sampai saat ini.analisis juga didasarkan pada spesifikasi,data yang tersedia dan perbandingan teknis.pelatihan pilot juga penting karena kinerja dari pesawat tergantung kepada kinerja pilot.Daftar ini tidak memuat pesawat yang sedang dalam tahap pembangunan atau prototype,ini hanya mencakup pesawat operasional saja.
Berikut adalah daftar Top 10 Jet Fighter terbaik dunia.


1. Lockheed Martin / Boeing F-22 Raptor (USA)


Pesawat tempur superior F-22 Raptor ini nyaris tak dapat ditangkap oleh radar,pesawat ini membawa persenjataan ampuh dan Array yang kuat.F-22 adalah pesawat yang paling canggih dan termahal yang pernah diproduksi.mesin Raptor yang handal memungkinkan pesawat memiliki kemampuan supercruise ( menjelajah )dengan jarak jauh.sementara untuk nozel vektor dorong dikombinasikan dengan tripleks fly-by-wire flight control system sehingga dapat bermanuver dengan eksepsional.Sejak diperkenalkan,pesawat ini tidak memiliki lawan sebanding sebagai ancaman udara dari pesawat tempur negara lain.F-22 tidak pernah ditawarkan untuk pelanggan ekpor bahkan ke negara-negara sekutu dan NATO.Saat ini F-22 merupakan pesawat terbaik yang pernah dibuat.

2. Boeing F/A-18E/F Super Hornet (USA)


Super Hornet adalah pesawat tempur multi-role Angkatan Laut AS paling capable .Pesawat yang memiliki landasan di kapal induk ini mempunyai kemampuan baik dalam serang udara dan serang target permukaan.Australia mengoperasikan Super Hornet sebagai pesawat tempur utama.F/A-18E/F lebih besar dan memiliki kemampuan yang lebih baik dari pendahulunya F/A-18C/D.Pesawat ini dilengkapi dengan mesin berteknologi baru.memiliki tambahan cantelan untuk membawa lebih banyak persenjataan rudal.dengan tangki bahan bakar internal yang lebih besar pesawat ini bisa memperluas jangkauan jelajah.Super Hornet juga telah meningkatkan avionik.beberapa langkah telah dilakukan sebagai peningkatan kemampuan diantaranya kemampuan pengurangan dari tangkapan radar ( semi siluman ).


3. Eurofighter Typhoon (Uni Eropa)



Pada tahun 1986 konsorsium Eurofighter dibentuk oleh Jerman,Italia,Inggris dan spanyol untuk mengembangkan Jet tempur multi peran baru,yang dioptimalkan sebagai pesawat interceptor diluar jangkauan visual yang memiliki kemampuan sekunder serang darat.Pesawat ini dilengkapi rudal canggih desain negara Eropa.dilengkapi pula dengan paket avionik termodern dan komperhensif.ada yang mengklaim bahwa kemampuan tempur Typhoon adalah separuhnya dari F-22 Raptor AS,ini hanya perkiraan saja.Namun tampaknya Typhoon lebih unggul dibanding F-15,Rafale,varian SU-27 dan pesawat lainnya.Typhoon telah menjadi hal terpenting dalam kekuatan udara Eropa abad 21.

4. Dassault Rafale (Perancis)


Rafale merupakan pesawat tempur Angkatan Udara dan Angkatan Laut Perancis.Pesawat multi-peran ini memiliki sistem avionik terbaru.Pesawat ini juga telah mengalami penyempurnaan untuk mengurangi tangkapan radar ( semi siluman ).kemampuan bermanuver sangat tinggi.Pesawat ini dapat melacak 40 target sasaran dan menembak 4 target secara bersamaan.Rafale dapat menangkal dan melawan pesawat F-16 AS versi terbaru.Rafale merupakan hal terpenting dalam kekuatan udara Perancis abad ke 21.


5. Sukhoi-27 ( Russia )


SU-27 telah dikembangkan sebagai pesawat interseptor bagi pertahanan udara Soviet dengan demikian fighter ini harus sangat capable dan manuverable serta daya jelajah yang lebih jauh.Pesawat dilengkapi persenjataan berat dan modern serta mampu mengungguli F-15.ini merupakan hasil dari serangkaian kemajuan teknologi Soviet pada saat itu.

SU-27 mampu membawa 10 rudal udara ke udara ( Air to Air Missile ),bermanuver yang luar biasa,dilengkapi helm isyarat rudal cepat jarak pendek yang memungkinkan melakukan pertempuran jarak dekat.kapasitas tangki bahan bakar internal yang besar memungkinkan untuk melakukan supercruise.Meskipun tua ia termasuk pesawat tempur modern.SU-27 telah melahirkan beberapa varian diantaranya SU-30,SU-35 dan banyak lagi.SU-35 diperkenalkan sebagai pengganti SU-27,dengan demikian pesawat ini merupakan ancaman besar bagi pesawat tempur Barat modern.

Baru-baru ini secara diam-diam Russia sedang mengembangkan pesawat tempur superior pesawat yang masih variannya Sukhoi ini dinakan PAK-FA.Pesawat ini akan menggantikan dari penuaan pesawat Mig-29 dan SU-27 Flanker.


6. F-15 Eagle ( USA )


F-15 Eagle dirancang untuk menembus pertahanan udara musuh.meskipun pesawat ini sudah beroperasi selama 30 tahun namun ia masih tetap merupakan pesawat yang tangguh.F-15 telah mencetak skor  lebih dari 100 kali penghancuran pesawat musuh dan dianggap sebagai fighter paling sukses pada era perang dingin.F-15 dilengkapi dengan persenjataan dan elektronik yang memungkinkan untuk mendeteksi,memperoleh data,melacak dan menyerang,Pesawat ini membawa berbagai macam rudal udara ke udara dan juga sangat bermanuver.melalui modifikasi dan upgrade F-15 telah mengalami banyak peningkatan secara terus menerus.Saat ini F-15 masih dalam layanan Angkatan Udara AS dan diperkirakan akan tetap beroperasi setidaknya sampai 2025,pesawat ini telah di ekspor ke Israel,Jepang dan Arab Saudi.

7.MIG-31 ( Russia )


Fghter ini dikembangkan sebagai bagian dari keseluruhan program pertahanan udara Soviet dengan kemampuan untuk menangkal ancaman pesawat tingkat rendah NATO dan rudal jelajah.

Sebagai pesawat interceptor  MIG-31 memiliki kecepatan yang sangat tinggi,dapat menjangkau ketinggian dan kemampuan mendaki.namun untuk mencapai kemampuan ini MIG-31 harus mengorbankan manuverabilitas,hal ini menjadikan MIG-31 adalah salah satu pesawat tercepat.MIG-31 juga berkemampuan menembak musuh dari jarak jauh dengan menggunakan rudalnya.
Versi terbaru dari pesawat ini adala MIG-31BM,pesawat ini memiliki peralatan tempur yang lebih canggih,pada 2010 Russia telah mengupgrade pesawat pencegatnya menjadi standar MIG-31BM,inteceptor ini terus menjadi tulang punggung pertahanan udara Russia.

8. F-16 Fighting Falcon Lockheed Martin ( AS )


F-16 merupakan pesawat tempur ringan ( light ),ia juga sebagai pesawat alternatif yang lebih murah dari F-15 Eagle.Berbeda dengan F-15 yang murni sebagai pesawat tempur superior ,F-16 adalah pesawat multi peran yang mampu menyerang target darat dan udara.

Pesawat ini telah diproduksi dengan jumlah yang besar dan telah berpartisipasi dalam berbagai misi dan operasi militer.saat ini lebih dari 4.500 pesawat telah dibangun,diekspor ke berbagai negara.Sebanyak 26 negara di dunia telah menggunakan pesawat ini.

Meskipun kecil pesawat ini sangat bermanuver F-16 memiliki gelembung kanopi single-piece sebagai visibilitas pilot yang sangat baik dalm pertempuran jarak dekat.

F-16 saat ini masih dalam layanan dengan Angkatan Udara AS dan masih akan tetap beroperasi sampi 2025 yang setelahnya akan digantikan oleh F-35 Lightning II.

9.  SAAB Jas 39 Grpien ( Swedia )


SAAB Gripen merupakan pesawat tempur multi peran generasi ke empat yang dikembangkan oleh SAAB GRIPEN ( GRIFFIN ).Pesawat ini menggunakan teknologi terbaru yang dapat digunakan dalam berbagai misi seperti pertahanan udara,interceptor,serang darat,dan pengintaian.

Dengan desain layout aerodinamis menjadikan Fighter ini sangat lincah dalam pertempuran jarak dekat.Gripen dapat  melakukan take off pada ranuway yang pendek.Sejumlah komponen dari pesawat ini dipasok dari AS.

Pesawat ini memiliki biaya operasi terendah dibanding pesawat tempur lainnya.Pesawat ini merupakan inti dari kekuatan udara Swedia  abad 21.Gripen juga telah di ekspor ke beberapa negara diantaranya Republik Ceko,Hunggaria,Thailand,Afrika Selatan dan Inggris.

10. J-10 Chengdu (Cina )


Multi-role Fighter ini merupakan pesawat tempur pertama yang dikembangkan Cina,kemampuannya mendekati fighter negara barat dalam hal kinerja dan kemampuan.Pengembangan pesawat ini ditujukan untuk menandingi pesawat tempur generasi ke 4 Soviet MIG-29 dan SU-27.Pada awalnya Chengdu direncanakan sebagai pesawat tempur superior namun pasca runtuhnya Uni Soviet pesawat ini dikembangkan menjadi pesawat tempur multi-role.Dari segi teknologi Chengdu memiliki beberapa kemiripan dengan fighter barat.

3 comments for "10 PESAWAT TEMPUR TERBAIK DUNIA SAAT INI"

  1. mantap john. bagi info aja deh. http://www.visitemalaysia.blogspot.com

  2. Kl saya berpendapat : T 50 Russia, F 22 Amerika, Su 35 Russia, F 35 Amerika, Typhoon Eropa, Rafale Francis, F 15NG Amerika, F 18E/F Amerika, Gripen NG Swedia, F 16 Block 60 Amerika, MIG 35 Russia.
    Kl pespur china blm di produksi banyak ( J 20 - J 30 ). Tks

  3. wah su 27 itu barang jadul, kok masuk ya, kan sudah ga dikembangkan lagi. kalau f16 iya sampai blok 60 beda langit bumi sama yang pertama

Leave Reply

Powered by Blogger.

Feed!

Feed!

Feed!

Feed!

Feed!

Feed!

Teman Anda Menyarankan

  • NEW POST

  • RSS Feed!
    RSS Feed!
    Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!

    Headlines News

    Feed!

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Cara Kerja Kapal Selam klik submerge

    Total Pageviews

    Blog Archive

    Pengikut

    Halaman Facebook