SESUAIKAN ALUTSISTA,WINGDUKTERBANG SUSUN SILABI

SLEMAN  - Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto akan menyusun silabi atau kurikulum baru untuk menyesuaikan dengan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) yang dimiliki TNI AU. Mengingat, TNI AU mulai banyak mendatangkan pesawat-pesawat baru.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar SE mengatakan, TNI AU terus melakukan pembaharuan terhadap alutsista yang dimiliki, salah satunya dengan pembelian pesawat-pesawat baru. Untuk mendukung pengoperasian pesawat baru, silabi di Wingdikterbang juga harus diperbarui.

"Silabi ini akan disesuaikan dengan alutsista yang baru. Soalnya kalau menggunakan silabi yang lama, nantinya siswa tidak bisa mengoperasikan pesawat yang baru. Makanya silabi akan kami rubah," kata Agus seusai melantik Komandan Wingdikterbang di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Sabtu (09/03/2013).

Dalam pelantikan Danwingdikterbang itu, Kolonel Pnb M Khairil Lubis diganti Kolonel Pnb Minggit Tribowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto. Selanjutnya,  Khairil Lubis akan menjadi siswa Sekolah Komando TNI.

Lebih lanjut Agus menuturkan, dalam waktu dekat TNI AU akan mendatangkan pesawat grob. Rencananya membeli 16 pesawat, namun kedatangannya secara bertahap. Kecepatan pesawat grob tersebut lebih tinggi dari pesawat bravo karena tidak menggunakan piston, tapi memakai turbo.

"Rencananya Juni nanti akan datang 4-6 pesawat grob. Pesawat ini lebih bagus dari pada pesawat bravo sebelumnya, karena sudah menggunakan turbo. Pesawat grob ini langsung dipesan dari Jerman," ujarnya.

Untuk itu, para penerbang-penerbang itu harus bisa menyesuaikan dengan alutsista baru. Wingdikterbang akan terus mendidik para penerbang agar menjadi penerbang profesional dengan memberikan pelatihan dasar terbang, latihan pemula dan selanjutnya.

"Kami dituntut menciptakan penerbang yang profesional dengan menyesuaikan tuntutan jaman maupun teknologi. Karena tantang kedepan nanti akan semakin besar," terangnya

Post a Comment

0 Comments