TANK LEOPARD 2


Leopard 2 adalah tank tempur utama (main battle tank, MBT) Jerman yang dikembangkan oleh Krauss-Maffei pada awal 1970-an dan digunakan pada 1979. Leopard 2 menggantikan Leopard 1 sebagai tank tempur utama Angkatan Darat Jerman. Beberapa varian telah digunakan oleh Angkatan Darat Jerman dan 12 negara Eropa lainnya,ada juga beberapa dari luar Eropa termasuk Indonesia yang masih dalam tahap perencanaan untuk pembelian. Lebih dari 3,480 Leopard 2 telah diproduksi. Leopard 2 pertama kali digunakan Angkatan Darat Jerman pada Perang Kosovo selain itu pasukan Kanada dan Denmark yang tergabung dalam ISAF di medan tempur Afghanistan.

Ada beberapa pengembangan dari MBT ini, dari model pertama hingga Leopard 2A4 yang memiliki turet vertikal berlapis baja dan model yang lebih maju Leopard 2A5 serta versi yang lebih baru lagi, yang memiliki kubah tembak menyudut seperti anak panah dengan appliqué armour serta beberapa pengembangan lainnya. Seluruh model dilengkapi dengan sistem kontrol penembakan digital dan rangefinder Laser alat ini berfungsi untuk memanajemen target dan posisinya guna meningkatkan akurasi tembak atas sasaran, meriam utama 120 mm dengan kestabilan tinggi, senapan mesin koaksial, night vision yang memungkinkan awak untuk melakukan pembidikan sasaran di kegelapan malam,untuk varian yang lebih maju lagi Leopard disertai dengan alat pembidik low-light level TV system atau LLLTV; sementara thermal imaging baru diperkenalkan setelahnya. Tank ini memiliki kemampuan untuk bertempur menghadapi sasaran bergerak walaupun melewati medan yang sangat sulit (tidak rata). Varian yang aktif antara lain 2A4, 2A5, 2A6, dan 2A7 (paling baru). Banyak Leopard 2 yang diupgrade untuk memperpanjang masa pakainya dan memperkuat persenjataanya, umumnya dimiliki oleh varian 2A5 dan 2A6.

Pengembangan
Leopard I
Pengembangan pada Leopard I dimulai sekitar awal 1960-an, dipersenjatai dengan persenjataanberat yakni meriam Rheinmetall L44 120 mm hal ini untuk menyaingi desain tank Uni Soviet, namun kemudian dibatalkan setelah Amerika Serikat mengajak untuk mengadakan proyek bersama yakni pengembangan "super-tank" MBT-70. Tank MBT-70 memang merupakan disain yang revolusioner, tetapi mengingat biayanya yang sangat mahal, Jerman mengundurkan diri dari proyek ini pada 1969.

Program nasional untuk pengembangan Leopard mulai dijalankan pada 1970 oleh Krauss-Maffei. Setahun kemudian diputuskan bahwa model tank yang akan dibuat harus didasarkan pada model sebelumnya Disain baru yang dibuat pada 1971 itu disebut sebagai "Leopard 2" sedangkan versi originalnya leopard yang pertamakali dikembangkan adalah Leopard 1. Sebanyak 17 prototip dipesan pada tahun itu meski pada akhirnya hanya 16. Kendaraan itu harus seberat limapuluh metrik ton.

Pada 11 December 1974 pemerintah Jerman dan Amerika Serikat menandatangani sebuah Memorandum of Understanding tentang kemungkinan dilaksanakannya kerjasama produksi MBT baru setelah Amerika Serikat membeli dan melakukan penelitian terhadap prototip lambung nomer 7 pada 1973. Dengan melihat pengalaman perang Yom Kippur memang diperlukan sebuah lapisan pelindung baja yang kualitasnya lebih baik pada prototip-prototip ini, yakni dengan menggunakan lapisan baja berperforasi miring.bobotnyapun meningkat menjadi enampuluh ton. Prototip turet Nomer 14 diubah bentuknya menjadi lebih gemuk untuk mencoba konfigurasi lapisan baja yang lebih tebal. Kubahnya menjadi lebih luas daripada kubah Leopard 1 ini dikarenakan adanyapenambahan  ruang penyimpanan amunisi yang lebih besar di bagian belakang. Leopard 2 sudah menggunakan lapisan baja pelindung perforated armour, dan bukan Chobham armour seperti yang pernah diklaim sebelumnya.

tank Tiger Nazi Hitler

Omong omong mengenai tank leopard,pemerintah RI akan merencanakan pembelian.Untuk memodernisasi Alutsista Angkatan Darat,Pemerintah RI akan mengakuisisi 100 tank Leopard 2A6 eks Belanda senilai USD 280 Juta. Tank Leopard 2A6 merupakan salah satu main battle tank (MBT) terbaik di dunia.Jerman memang unggul dalam produksi  alutsista,sejak perang dunia ke dua tank-tank buatan Jerman ditakuti  sekutu,sejarah mencatat bahwa tank tiger milik nazi-Jerman selalu unggul dalam pertempuran, Tiger dapat menghancurkan M4 Sherman Amerika Serikat dari jarak lebih dari 2.000 m. Sebaliknya, dengan sudut meriam 30 derajat, meriam 75 mm M4 Sherman tidak akan mampu menembus bagian depan Tiger dari jarak berapapun. Begitu juga dengan T-34 milik Sovyet dengan meriam 76.2 mm tidak dapat menembus Tiger dari depan pada jarak berapapun juga. Dengan kekuatan meriamnya, Tiger mampu menghancurkan tank lawan pada jarak dimana si lawan tidak dapat merespon. Untuk menghancurkan Tiger, tank lawan harus menyerang bagian samping atau belakang yang memiliki ketebalan lapis baja lebih tipis.Tiger benar-benar mampu menimbulkan kegentaraan pada tentara lawan hingga menyebabkan apa yang disebut dengan‘Tiger fobia’. Tank sekutu kadang lebih memilih kabur jika bertemu dengan Tiger. Saat pertempuran di Normandia, perlu dikorbankan 4-5 Sherman untuk merobohkan satu Tiger. Benar-benar dibutuhkan skill tinggi untuk mengalahkan Tiger.Pada 7 July 1943, sebuah Tiger yang dikomandani Franz Staudegger mengklaim mampu melumat 22 buah T-34 milik Sovyet dari sekitar total 50 armada. atas kejadian itu, tank Sovyet yang tersisa akhirnya memilih kabur. jasa Staudegger kemudian dianugerahi medali Knight Cross.

Leopard 2A6

Keunggulan jerman dalam memproduksi tank terus berangsung sampai sekarang.sehingga tidak mengherankan jika situs www.military-today.com dan beberapa situs militer dunia mendudukan Tank Leopard 2A6 buatan jerman ini sebagai salah satu MBT terbaik di dunia. Tank ini mengungguli M1A2 Abrams, Challenger 2 and Leclerc dari segi mobilitas, proteksi dan daya hantam kanon. Tidak salah jika Jerman, Kanada, Yunani, Belanda, Portugis dan Spanyol menggunakan tank ini sebagai andalan. Lapisan pelindungnya menggunakan campuran lapis baja terbaru yang diklaim mampu menahan proyektil peluru.

Sementara untuk senjata, Leopard mengandalkan kanon Rheinmetall berkaliber 120 mm. Akurasi tembakannya lebih baik dari pendahulunya, Tank 2A5. Tank dapat membawa hingga 42 amunisi kanon. Selain itu, tank ini dilengkapi dua senapan mesin 7,62 mm.Leopard 2A6 berbobot 62 ton dan dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi.Tank ini mampu mendaki hingga kemiringan 60 derajat dan melewati halangan vertikal dan melaju hingga 72 km. Cukup lincah untuk ukuran MBT. Daya jelajahnya mencapai 550 Km.Di medan tempur, tank ini benar-benar menjadi monster lapis baja yang akan melumat tank-tank lain.

Abrams M1A2


Berikut ini adalah 10 tank kelas berat terbaik di Dunia 1. Tank Leopard 2A6,Germany
Leopard 2A6
2. Tank Challenger 2,England
Challenger 2



3. Tank MIA 2 Abrams,USA
M1A 2 Abrams

4. Tank K2 Black Panther,Korea selatan
K2 Black Panther
5. Tank T-90,Rusia
T-90
6.Tank Merkava MK IV,israel
Merkava MK4
7. Tank tipe 99 China
Type 99
8. Tank KIA1,Korea Utara 9. Tank tipe 90,Jepang
Type 90
10. Tank Leclerc,France
Leclerc

Post a Comment

0 Comments