PERNYATAAN MENLU INGGRIS ATAS KEMUNGKINAN PENGGUNAAN SENJATA KIMIA SURIAH

Tanpa memberikan rincian, Menteri Luar Negeri Inggris William Den Haag mengatakan Sabtu Inggris dan Amerika Serikat memiliki bukti yang menunjukkan pemerintah Suriah Bashar al Assad sedang menyiapkan senjata kimianya.

Den Haag mengatakan kepada BBC dia dari "sumber-sumber intelijen" melihat "bukti yang cukup untuk mengetahui bahwa mereka harus segera diberi peringatan." Suriah diyakini memiliki gas mustard dan sarin, agen saraf yang mematikan.

Pekan lalu Suriah menyatakan tidak akan menggunakan senjata kimia terhadap rakyatnya, termasuk pemberontak Suriah.

Luar Negeri Suriah Faisal Menteri Madqaq mengatakan laporan-laporan dari Den Haag adalah bagian dari konspirasi Barat untuk menyebarkan rumor.

"Suriah menekankan lagi, untuk kesepuluh, kesekian ratus kalinya, bahwa jika kita memiliki senjata tersebut, mereka tidak akan digunakan untuk melawan rakyatnya. Kami tidak akan bunuh diri," kata Maqdad.

Den Haag mengatakan bukti yang dilihatnya telah dibenarkan dan harus ada peringatan keras kepada rezim Suriah. Ketika ditanya oleh BBC tentang bukti-bukti tersebut, Hague mengatakan: "Kami telah melihat beberapa bukti itu."

Dia menambahkan, "Kami dan AS, seperti yang saya katakan di parlemen pekan ini, telah melihat beberapa bukti itu dan itulah sebabnya kami telah mengeluarkan peringatan keras tentang hal itu Kami telah melakukannya langsung kepada rezim Suriah.."

Komentar Hague menggemakan pernyataan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, Presiden Obama dan lain-lain.

The Menteri Pertahanan AS Leon Panetta baru-baru ini mengatakan AS prihatin atas cadangan senjata kimia Suriah.

"Saya pikir tidak ada pertanyaan bahwa kita tetap sangat prihatin," kata Panetta. "Sangat prihatin bahwa sebagai kemajuan oposisi, khususnya pada Damaskus, bahwa rezim itu mungkin sekali mempertimbangkan penggunaan senjata kimia. Intelijen kita telah menyebabkan keprihatinan yang serius bahwa ini sedang dipertimbangkan.

"Presiden Amerika Serikat telah membuat begitu jelas akan adnyaa konsekuensi, akan ada konsekuensi jika rezim Assad membuat kesalahan besar dengan menggunakan senjata-senjata kimia pada rakyat mereka sendiri," tambah Panetta.

Jika Suriah tidak menunjukkan tanda-tanda penggunaan senjata kimia, rencana darurat sudah disiapkan, BBC melaporkan.


Post a Comment

0 Comments