KRAB Self Propelled Howitzer 155 mm

KRAB

SPH KRAB adalah kendaraan pendukung Artileri 155 mm,IFV ini diproduksi oleh produsen industri berat dan alat perang Polandia HUTA STALOWA WOLA ( HSW ) bekerjasama dengan BAE System dan OBRUM.Howitzer ini diperuntukan bagi pengadaan alutsista self-propelled Artilery Angkatan Darat Polandia.dan Pemerintah Polandia telah menyetujui pengadaan SPH-KRAB pada akhir tahun 2006.

Sebanyak 72 unit KRAB di kirim ke Angkatan Darat Polandia.Pada bulan Mei 2008,Kementrian Pertahanan Polandia mengeluarkan kontrak untuk produksi tingkat rendah sebagai tahap awal dari produksi KRAB,dua baterai kendaraan disediakan dibawah kontrak.

Kementerian Pertahanan Polandia mengeluarkan proposal permintaan/request for proposal (RFP) ke HSW untuk mengembangkan Howitzer 155mm berpeluncur tegak. Dengan demikian proses tender untuk turret dimulai. GEC Marconi (sekarang BAE Systems) terpilih sebagai pemenang tender untuk sistem turet.

Pada bulan Juli 1999, HSW menandatangani kontrak dengan GEC Marconi untuk Braveheart AS90 . Sesuai dengan kontrak,turet AS90 Braveheart disuplai untuk HSW untuk diintegrasi ke dalam SPH Krab 155mm standar NATO untuk Angkatan Darat Polandia. Batch pertama dari turet disuplai oleh BAE Systems. Teknologi dipindahkan ke Polandia untuk memungkinkan produksi turet di Polandia.

Prototipe Krab pertama selesai pada bulan Juni 2001. dan menjalani serangkaian uji coba sampai akhir November 2001. Tahap riset dan pengembangan berakhir dengan selesainya uji kualifikasi pada 2003. Prototipe Krab ketiga menyelesaikan tes uji tembak pertama pada bulan Juli 2011. Dan sudah dilengkapi dengan elektronik on-board dan sistem FONET komunikasi dari WB Electronics.

Fitur Krab yang dilapisi baja pada hull/lambung memberikan perlindungan terhadap tembakan senjata kecil dan serpihan shell artileri.KRAB dioperasikan oleh lima anggota kru. Pengemudi dan kru lain diposisikan di sisi kiri depan hull. untuk power pack berposisi di depan kanan dekat tangki bahan bakar dan diesel ditempatkan di bawah bagian bawah kendaraan.

turet dipasang pada bagian atas luar ( atap ) belakang kendaraan, untuk akses kru kendaraan melalui pintu palka besar yang berada di sisi belakang lambung.Kendaraan dapat dilengkapi dengan NBC sistem, pisau dozer, sistem antisipasi pencegah kebakaran dan sistem peringatan laser.

SPH Krab memiliki panjang maksimal 12m, lebar 3.5m dan tinggi 3.4m. Ketinggian berikut senapan mesin anti pesawat adalah 3,8 m. Berat tempur berikut kru mencapai 52.140 kg.

Pengemudi memiliki sampul palka single-piece yang dilengkapi dengan periskop tunggal wide-angle periscop, atau periskop pasif untuk mengemudi di malam hari. Sebuah alat pembidik yang dilengkapi dengan laser range-finder juga koaksial dipasang dengan meriam utama. Kendaraan juga mengintegrasikan sistem navigasi dan terminal DD-9620 menyediakan informasi posisi target,Sistem kontrol penembakan ZZKO TOPAZ, gun layer computer dan subsistem lainnya. Unit daya tambahan untuk turet memastikan pengoperasian sistem onboard selama dari mesin diesel utama tidak dihidupkan

persenjataan utama dari Krab adalah senjata dengan kaliber 155mm/52."

dengan rate tembakan tiga putaran per sepuluh detik,senjata dapat memuntahkan proyektil 155mm standar NATO untuk jangkauan maksimum 40 km. Empat puluh butir amunisi disimpan di dalam turet dan sasis. pada turet didampingi dengan senapan mesin 12,7 mm sebagai persenjataan sekunder. Krab juga dipersenjatai dengan empat bank granat asap 81mm di kedua sisi turret.

Howitzer Krab 155mm didukung oleh mesin diesel S-12U empat langkah 12-silinder, multi bahan bakar, radiator air, diesel turbocharged.Mesin dapat menghasilkan daya maksimum 625kW pada 2000rpm.




SPESIFIKASI
Masuk Layanan
?
Kru
5 Orang
Berat
49.8 t
Panjang + Meriam
11.7 m
Panjang hull ( lambung )
?
Lebar
3.5 m
Tinggi
3.4 m
Senjata Utama
155-mm / 60 rounds
Senapan Mesin

1 x 12.7-mm
Jarak Tembak Maksimal
30 - 40 km
Rate Maksimum Tembakan
6 rpm
Kisaran Elevasi
- 3.5 to + 70 derajat
Kisaran Traverse
360 derajat
Mesin
S-12U diesel
Tenaga
850 hp
Kecepatan Maksimum
60 km/h
Jarak Jelajah
60 km/h
 

Foto ( Military-today )

Post a Comment

0 Comments