Kapal selam adalah sebuah kendaraan air atau kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya
digunakan untuk tujuan tertentu namun umumnya orang mengetahui kapal selam identik dengan kepentingan militer. Sebagian besar Militer dari Angkatan Laut
memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya
masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer,di era modern ini kapal
selam juga sering digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan kapal selam ini digunakan dilaut,sungai besar,rawa,danau dan tempat tempat yang mempunyai kedalaman tertentu dimana kapal selam dapat beroperasi.kapal selam membantu manusia melakukan eksplorasi ke tempat dimana manusia tidak dapat menjangkau kedalaman air.Kapal selam untuk pengamatan lingkungan biasanya digunakan oleh para ilmuwan seperti gambar dibawah ini;
Sejak abad pertengahan, para penemu atau ilmuwan di Eropa sudah mulai
memikirkan bagaimana membuat kapal yang dapat menyelam dan timbul lagi dengan
usahanya sendiri. Kapal tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan
peperangan maupun sekedar mengamati kehidupan di dalam laut.
Pada tahun 1465 seorang penemu bernama Keyser dari Nuremberg, Jerman
dilaporkan sudah mampu merancang sebuah perahu yang dapat menyelam dalam air.
Lalu pada tahun 1578 seorang ahli matematika bernama William Bourne, merancang
sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit kedap air. Karena waktu itu belum dikenal
adanya mesin, maka kapal ini bergerak menggunakan dayung serta dilengkapi
dengan tangki-tangki yang dapat diisi air dan di kosongkan lagi agar kapal
dapat mengapung. Namun sayangnya rancangan ini tidak diwujudkan secara nyata,
melainkan hanya di tuangkan dalam buku Inventions of Devices.
Kemudian pada tahun 1620, Cornelis Drebbel berkebangsaan Jerman, membuat
kapal selam yang berbentuk seperti dua perahu yang di susun dan di tutup dengan
kulit agar kedap air. Kapal ini berhasil menyelam sedalam 360 sampai 450 cm
dengan didayung oleh 12 orang. Lubang-lubang dayungannya juga dibuat sedemikian
rupa sehingga tidak kemasukan air.
Pada tahun 1680 Giovanni Alfonso Borelli dari Italia juga merancang kapal
selam yang digerakkan dengan dayung dan memakai kantung-kantung pengapung dari
kulit kambing. Namun rancangan itu baru terwujud ketika Nethaniel Symons meniru
rancangan Borelli pada tahun 1747 dan mengujinya di Sungai Themes. Kapal ini
mampu bertahan di dalam air selama 45 menit.
Pada tahun 1775, David Bushnell membuat sebuah kapal selam yang diberi nama
Turtle (Penyu). Kapal selam ciptaannya berbentuk seperti telur, dan terbuat
dari kayu. Kapal selam yang digerakkan menggunakan mesin uap mulai ditemukan
oleh Robert Fulton pada tahun 1799. Kapal yang berukuran 7,4 m dan berbentuk
seperti cerutu ini mampu menyelam selama 6 jam dan membawa empat orang awak di
dalamnya.
Pada tahun 1850, Wilhelm Bauer menghasilkan kapal selam bergelar Brandtaucher
(Penyelam Api) dan tahun 1855 menghasilkan kapal selam Seateufel (Setan Laut)
sepanjang 52 kaki untuk tentara laut imperial Rusia. Pada tahun 1886
diluncurkan sebuah kapal selam buatan Spanyol yang menggunakan dua motor
elektrik 30 tenaga kuda. Selanjutnya, Perancis meluncurkan Gymnote (Belut) pada
April 1887.
Kapal selam yang lebih maju lagi dimiliki oleh Angkatan Laut Amerika
Serikat pada tahun 1900. Kapal yang panjangnya 1.590 cm, dijalankan dengan
tenaga mesin bensin dan listrik ini diberi nama Holland, sesuai dengan nama
penemunya John PG Holland. Karena merupakan bagian peralatan militer, kapal ini
dilengkapi dengan persenjataan, di antaranya adalah torpedo. Pada tahun 1906,
pihak Jerman mulai menggunakan kapal selam bermesin diesel untuk pergerakan di
permukaan air.
KAPAL SELAM MILITER
Kapal selam militer digunakan untuk kepentingan perang atau patroli laut suatu negara, berdasarkan jenisnya setiap kapal selam militer selalu dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedo, rudal penjelajah / anti pesawat dan anti kapal permukaan,adalah Jerman yang memiliki kapal selam yang populer dengan sebutan U-Boat atau Unterseeboot, mulai beroperasi dalam Perang Dunia I sebagai sistem senjata yang mematikan bagi Angkatan Laut lawan terlebih-lebih pada Perang Dunia II. Sehingga terkenal dengan sebutan U-Class. Selain Jerman, negara yang populer menggunakan kapal selam sebagai kekuatan utama Angkatan Laut adalah Uni Soviet/Rusia.dalam abad meodern kapal selam dapat di instal dengan senjata-senjata berat diantaranya rudal balistik antar benua dengan hulu ledak nuklir,kimia,biologi,maupun bom konvensional.
Kapal selam militer digunakan untuk kepentingan perang atau patroli laut suatu negara, berdasarkan jenisnya setiap kapal selam militer selalu dilengkapi dengan senjata seperti meriam kanon, torpedo, rudal penjelajah / anti pesawat dan anti kapal permukaan,adalah Jerman yang memiliki kapal selam yang populer dengan sebutan U-Boat atau Unterseeboot, mulai beroperasi dalam Perang Dunia I sebagai sistem senjata yang mematikan bagi Angkatan Laut lawan terlebih-lebih pada Perang Dunia II. Sehingga terkenal dengan sebutan U-Class. Selain Jerman, negara yang populer menggunakan kapal selam sebagai kekuatan utama Angkatan Laut adalah Uni Soviet/Rusia.dalam abad meodern kapal selam dapat di instal dengan senjata-senjata berat diantaranya rudal balistik antar benua dengan hulu ledak nuklir,kimia,biologi,maupun bom konvensional.
Dari segi propulsi kapal selam terbagi menjadi dua jenis
>Kapal Selam Diesel Elektrik
Kapal selam diesel elektrik adalah sistem penggerak kapal selam tertua yang
masih digunakan sampai saat ini. Sistem propulsi ini begitu handal sehingga
negara pemilik kapal selam nuklir pun masih merasa perlu memiliki kapal selam
diesel elektrik. Dari 5 negara pemilik kapal selam nuklir hanya Amerika Serikat
yang tidak menggunakan sistem propulsi ini. Dalam keadaan tertentu , kapal
selam jenis ini lebih mematikan daripada kapal selam nuklir.
>Kapal Selam Nuklir
Munculnya Kapal Selam Nuklir Sekitar enam bulan sebelum pecahnya PD II, pada Maret 1939 Dr George Pegram
dari Columbia University, New York, mengusulkan kepada Angkatan Laut AS ( US
Navy ) untuk mengembangkan pemakaian uranium sebagai sumber daya, termasuk
untuk menggerakkan turbin kapal selam. Angkatan Laut tertarik dan memulai
riset. Tetapi setelah pengboman Pearl Harbour dan AS terlibat dalam perang,
semua material yang berkaitan dengan tenaga atom ditarik, dipusatkan untuk
" Proyek Manhattan " guna pembuatan bom atom pertama ( Little Boy dan
Fat Man )
U-BOAT
U-Boot (dalam bahasa Inggris disebut sebagai U-boat) singkatan dari
Unterseeboot adalah sebutan dari kapal selam Jerman yang menjadi lawan
mematikan bagi kapal-kapal sekutu selama Perang Dunia I dan II. Pada PD II
tercatat pertempuran laut antara U-Boot melawan kapal-kapal sekutu banyak
terjadi di Samudera Atlantik.
Sejarah U- Boat
Perang Dunia I
Ketertarikan penggunaan kapal selam untuk tujuan perang mulai meningkat
dengan digunakannya kapal selam H. L. Hunley tahun 1864 pada Perang Saudara
Amerika. Kekaisaran Jerman semula tidak menaruh minat untuk itu. Pada tahun
1897 dilakukan usaha pembuatan kapal selam olah Howaldt di Kiel atas biayanya
sendiri yang kemudian pada tahun 1902 dianggap gagal dan dijadikan besi tua.
Satu dasawarsa kemudian pengembangan kapal selam terutama ditujukan untuk
kepentingan militer.
Pada tahun 1902 di Jerman dibuat sebuah purwarupa kapal selam percobaan 200
ton bernama Forelle dan diuji secara intensif. Kapal selam ini menjadi daya
tarik tersendiri dan kemudian dibuat tiga buah kapal selam lagi untuk diekspor
ke Rusia. Setelah dipertimbangkan juga untuk membuat satuan kapal selam militer
bagi Jerman yang kemudian diserahkan kepada Gustav Berling untuk merancang dan
membuat kapal selam. Berling meminta bantuan galangan kapal Germaniawerft di
Kiel. Rancangannya berdasarkan tiga kapal selam sebelumnya yang diekspor ke
Rusia dengan perubahan penting yang menunda penyerahannya. Baru pada April 1905
pembuatannya dimulai. Pembaruan penting terutama berhubungan dengan tekanan
badan kapal, penyusunan horisontal tabung torpedo dan motor penggerak yang
menggunakan bahan bakar kerosin yang belum selesai dibuat. Pada 14 Desember
1906 setelah banyak pengujian, kapal selam Angkatan Laut Kekaisaran Jerman SM U
1 (Seiner Majestät Unterseebot 1) mulai digunakan dalam dinas.
SM U 1 (Seiner Majestät Unterseebot 1) |
Dengan dimulainya perang dunia pertama, kapal selam mula-mula digunakan
sebagai kapal selam dagang (Handels-U-Boot) atau digunakan untuk tujuan-tujuan
militer terutama pada angkatan laut Kekaisaran Jerman (juga oleh angkatan laut
Inggris).
Kemampuan kapal selam belum benar-benar digunakan pada waktu perang dunia
pertama. Diakibatkan terutama dari sedikitnya baterei dan oksigen yang dapat di
bawa sehingga kapal selam tidak dapat berlama-lama di dalam air. Ketiadaan
perhubungan radio mengakibatkan kapal selam waktu itu harus melakukan penyerangan
sendiri-sendiri. Kebanyakan kapal selam berlayar tidak terlalu jauh dari pantai
dan lebih banyak melakukan aktivitas sampingan seperti menyebarkan ranjau
daripada mentorpedo kapal. Banyak kapten kapal selam lebih menyukai beraksi di
permukaan daripada di dalam air.
Bagaimana pun banyak keberhasilan yang dicapai kapal selam selama perang
dunia pertama. Hal ini terutama diakibatkan angkatan laut Inggris belum
memiliki cara untuk melindungi kapal-kapal dagangnya pada permulaan perang.
Banyak konvoi kapal yang menjadi korban dari serangan kapal selam. Pada
akhirnya pihak sekutu menggunakan bom dalam. Senjata ini menjadi ancaman yang
serius bagi kapal selam pada waktu perang dunia kedua.
Aksi U-Boot yang terkenal pada perang dunia pertama adalah aksi penyerangan
terhadap kapal RMS Lusitania oleh kapal selam U-20 pada tahun 1915 yang
menewaskan 1198 orang, 123 sampai 128 orang di antaranya merupakan warga
negara Amerika, sehingga Amerika memutuskan untuk ikut berperang di pihak
sekutu.
Setelah perang dunia pertama di bawah Perjanjian Versailles, angkatan laut
Jerman dibatasi. Di masa ini, terutama di Belanda dan Inggris, teknologi kapal
selam mengalami kemajuan yang pesat.
Perang Dunia II
Adolf Hitler |
Panglima
teertinggi armada kapal selam AL Jerman (Kriegsmarine) Admiral Karl Donitz.
Kenapa Jerman pada waktu meletusnya PDII hanya memiliki 53 unit. Kesalahan tak
sepenuhnya ada di Kregsmarine, karena program pembangunan kekuatan bawah
permukaan Nazi dilakukan menurut "buku putih" rencana pengembangan
armada yg mengasumsikan konflik senjata berskala besar tak akan terjadi sampai
pertengahan 1940, kenyataannya pemimpin tertinggi Nazi Adolf Hitler terlalu
cepat menabuh genderang perang.
Pabrik U-boat |
Total U-Boot yg dibuat selama perang dunia
kedua adalah 1.100 unit, sekitar 16 type. Dari jumlah itu 458 unit tenggelam
dalm pertempuran di Samudra Atlantik. Korban kapal tenggelam di pihak sekutu
akibat serangan u-boot di seluruh penjuru dunia mencapai lebih dari 10 juta
ton. Berdasar pengalaman pada perang dunia pertama, kapal selam dirancang untuk
penyerangan malam di atas permukaan dan masih dilengkapai dengan baterei
berkapasitas rendah menyebabkan kapal selam tidak dapat melaju dengan cukup
cepat di bawah permukaan air. U-Boot Tipe XXI adalah kapal selam pertama yang
dirancang untuk melaju lebih cepat di bawah permukaan air daripada di atas
permukaan dan, dengan snorkel serta kemampuan untuk melaju dengan sunyi
(Schleichfahrt), dapat menyelam lebih lama.
U-Boot mencapai masa kejayaannya antara tahun 1939-1942 dengan
menenggelamkan banyak sekali kapal sekutu sehingga angkatan laut Inggris sempat
diambang kekalahan pada tahun 1942.
HMS Courageous 17 September 1939 terkena serangan U boat |
Baru setelah ditemukannya radar dan
dipecahkannya kode Enigma oleh para ilmuwan sekutu, U-Boot mengalami kemunduran
bahkan terbalik dari pemburu bawah laut menjadi yang diburu oleh pesawat anti
kapal selam dan kapal perang sekutu. Hampir seluruh U-Boot akhirnya berhasil
dikirim ke dasar laut oleh sekutu pada akhir Perang Dunia II.
U-118 under attack by aircraft from USS Bogue (CVE-9), June 12, 1943 |
Komandan U-Boat yang melegenda selam PD II
1.Otto Kretschmer
Dianggap sebagai komandan U-Boot paling sukses dengan menenggelamkan 47
kapal milik sekutu dengan total tonase 274.333 ton dalam kurun waktu kurang
dari 2 tahun (September 1939- Maret 1941). Sepanjang kariernya Kretschmer
memimpin tiga kapal selam U-Boot, yaitu U-35, U-23, dan U-99. Dijuluki „Otto
den Schweigsamen“ atau Silent Otto (karena kepiawaiannya menjalankan U-Boot
nyaris tanpa suara) dan mendapat medali khusus Ritterkreuz zum Eisernen Kreuz
mit Eichenlaub und Schwertern dari Kriegsmarine.
Otto Kretschmer meninggal dunia pada tanggal 5 Agustus 1998 karena
kecelakaan kapal saat merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-50.
2.Wolfgang Lüth
Dalam 17 Operasi selama 609 hari di laut dengan U 9, U 138, U 43 dan U 181
menenggelamkan 47 kapal dengan tonase bobot mati 225.755. Bersama Albrecht
Brandi menjadi komandan U-Boot yang dianugerahi Ritterkreuz des Eisernen
Kreuzes mit Eichenlaub, Schwertern und Brillanten.
3.Günther Prien
Dengan U-Boot 47 nya (U-47), sukses menenggelamkan kapal perang Inggris HMS
Royal Oak di pangkalan Scapa Flow pada tanggal 14 Oktober 1939. Hasil ini
dianggap sangat brilian karena berhasil menerobos masuk ke dermaga yang sangat
dijaga ketat oleh Angkatan Laut Inggris, kemudian kembali dengan selamat ke
Jerman. Dilaporkan Hitler sendiri yang menyematkan medali Ritterkreuz des
Eisernen Kreuzes pada Günther Prien. Total ia telah menenggelamkan lebih dari
30 kapal milik sekutu dengan total tonase sekitar 200.000.
U-47 dinyatakan hilang pada tanggal 7 Maret 1941 dan sampai dengan hari
ini, tidak penjelasan yang rinci tentang apa yang terjadi pada U-47 beserta 45
orang awaknya.
4.Erich Topp
Total 34 kapal dengan tonase bobot mati 200.000 yang berhasil
ditenggelamkan. Mendapatkan penganugerahan Ritterkreuz zum Eisernen Kreuz mit
Eichenlaub und Schwertern.
5.Joachim Schepke
Dianugrahi penghargaan Ritterkreuz des Eisernen Kreuzes mit Eichenlaub,
adalah kapten U-100. Selama perang menenggelamkan 37 kapal sekutu dgn bobot
lebih dari 130.000 ton, sayang keberuntungan kurang berpihak padanya. Pada
pertengahan Maret 1941 di wilayah perairan islandia dua destroyer AL lnggris
HMS Vanoc dan HMS Walker berhasil memaksa muncul U-100 ke permukaan, dan entah
sengaja atau tidak HMS Vanoc menabrak U-100 menyebabkan sang Kapitänleutnant yg
berada di anjungan terjepit dan tenggelam bersama U-100.
KAPAL SELAM MILITER MODERN
VIRGINIA CLASS ( AMERIKA SERIKAT )
Spesifikasi kapal selam V-Class merupakan pengembangan kapal jenis Trident
dan Seawolf yang memaksimalkan teknologi sonar yang dibangun di galangan
General Dynamics Electric Boat Division (GDEBD) Washington, ini dilaporkan oleh
harian Courant-Times. Of course, kapal nuklir ini ditujukan mendukung militer
AS dalam penerapan teknologi rudal balistik.
Virginia Class di Galangannya |
Teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama sejak AS membuat kapal
selam berperiskop 100 tahun silam. Dengan teknologi sonarnya, V-Class bisa
memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan
kilometer. V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik yang
menjangkau sasaran di daratan.
Sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam, teknologi kapal
V-Class menjadi terobosan pertama. V-Class bisa memindai dan memetakan dasar
laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer dengan teknologi
sonarnya. Untuk menjangkau sasaran di daratan, V-Class akan membawa 150 rudal
Tomahawk dan rudal balistik.
Blueprint Dari Virginia Class |
Hidungnya yang berbentuk kubah dan membuatnya mampu memecah gelombang sonar
kapal musuh sehingga keberadaannya sulit dideteksi adalah keunikan dari
V-Class. Karena menggunakan teknologi ini maka V-Class dijuluki “kapal
siluman”. V-Class juga dilengkapi kapal selam mini (mini submarine) serta ruang
kedap udara untuk keluar masuk awak kapal. Hal ini untuk misi intelejen.
Untuk lebih jelasnya, mari kita sedikit membedah tentang isi perut dalam
kapal selam militer yg digadang - gadang sebagai kapal selam militer tercanggih
saat ini :
Bagian Depan
Ruang Istirahat
Punya fasilitas permanen berupa tempat tidur bertingkat bagi 119 orang.
Bila Virginia melakukan tugas khusus maka sebanyak 41 tempat tidur tambahan bisa
dibuat pada ruang terpedo.
Bagasi
Punya nama lain Lockout Trunk, Virginia bakal menjadi kapal selam pertama
yang dilengkapi dengan bagasi built in. Bukan untuk menampung barang bawaan,
bagian ini dipakai untuk jalan keluar masuk pasukan khusus (Navy Seal) ke kapal
selam. Sebanyak 9 orang pasukan bisa ditampung sekaligus pada ruang bertekanan
ini.
Komando Pengendali
Pemakaian teknologi fiber optik membuat desain ruang komando pengendali
pada Virginia melenceng dari pakem sebelumnya. Sekarang ruang tersebut bisa
ditempatkan pada dek tingkat kedua. Alasannya, kapal selam ini tak lagi memakai
periskop konvensional. Revolusi lain yang diaplikasikan adalah soal tata ruang
lega, dipenuhi dengan tampilan informasi berlayar lebar kini jadi karakternya.
Semua dilakukan untuk memperlancar keputusan yang bakal diambil sang komandan.
Masts
Mungkin lebih gamblang disebut sebagai antena pada kapal selam. Disini
spesiesnya beragam tapi yang jelas semua berhubungan dengan perangkat
elektronik. Tipe-tipe yang diusung Virginia adalah :
>ESM - Kepanjangan dari Elektronic Support Measures kalau di simak akan
terdiri dari antena GPS dan penerima
gelombang radar yang dipancarkan oleh
pesawat, kapal permukaan, dan kapal selam
>Penerima Data - Antena Transmisi data berkemampuan tinggi
>Antena Multifungsi - Penerima gelombang radio dan antena transmisi
>Antena Pengatur Misi - Antena ini terhubung dengan pusat untuk melakukan
aksi penugasan misi dalam kapal selam
>Antena Photonics - Terdapat kamera pengintai. Perangkat ini menggantikan
periskop konvensional
Ruangan Terpedo
Ruang terpedo, rudal, maupun ranjau dilontarkan dari empat tabung
pengoprasiannya, dilakukan dengan bantuan pompa turbin udara (ATP-Air Turbine
Pump) pompa ini memaksa air untuk masuk ke dalam tabung pelontar sesaat sebelum
peluncuran. Begitu ada perintah penembakan maka senjata tadi akan melesat
meninggalkan kapal selam setelah melalui pintu putar.
Penyerang Darat
Selain tabung terpedo, Virginia juga dilengkapi dengan selusin sistem
pelontar vertikal (VLS-Vertikal Launcing System). Dengan tabung pelontar
beraliran VLS maka kapal selam ini juga punya kemampuan serang darat.
Lambung
Metal berkualitas nomor satu merupakan bahan dasar lambung Virginia. Tak
dijelaskan tipikal metal yang dipakai. Namun yang jelas bahan tadi mesti bisa
menahan tekanan hingga kedalaman laut 800 kaki. Selain metal juga ditempeli
dengan lapisan semacam karet.
Kubah Hidung
Kubah pada bagian hidung Virginia terbuat dari bahan komposit. Dengan
demikian maka gelombang suara bisa menerobos hingga bola sonar
Bola Sonar
Piranti Hydrophone diletakkan pada bola sonar. Punya sisitem kerja pasif,
alat ini bisa mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda dari
jarak bermil-mil.
Sonar
Kalau makhluk hidup mempunyai indera keenam, maka ia pantas menyendang
predikat luar biasa. Nah, bila disimak, Virginia punya indera pengendus
sebanyak tujuh buah indera pengendus, indera pengendus yang biasa disebut sonar
ini tersebar di sekujur tubuhnya mulai dari bagian dagu, menara, bagian bawah
hingga buntut kapal. Dari sekian banyak perangkat, sonar dibagian dagu yang
terhitung jadi barang baru. Dengan alat tadi maka awak Virginia bisa tahu
karakter dasar samudera hingga posisi
ranjau laut dengan akurat.
Bagian Tengah
ASDS
Virginia juga dilengkapi dengan wahana bawah air ASDS (Advenced SEAL
Delivery System), wahana ini berfungsi untuk menghantarkan pasukan khusus dalam
operasi penyusupan pantai.
Ruang Mesin
Terletak berdekatan dengan tangki. Disinilah sebenarnya kelangsungan hidup
kapal bergantung, mulai dari sistem propulsi, pembangkitan listrik, sistem
hydrolik, kompresor udara, sistem destilasi air laut, hingga pengondisian
udara, semuanya jadi satu di ruang mesin.
Ruang Kemudi
Dari namanya saja sudah bisa ditebak tugas yang harus dilakukan awak di
ruang ini. Benar, mereka bertugas untuk mengontrol kinerja turbin propulsi.
Selain itu masih ada lagi, kinerja generator listrik serta reaktor nuklir
adalah tanggung jawab lain dari petugas di ruang kendali.
Kompertemen Reaktor
Sumber pakan bagi propulsi kapal selam terletak pada kompartemen reaktor.
Walau tak disebutkan tipe reaktor yang diadopsi, namun dipercaya Virginia
mencomot reaktor nuklir paling canggih saat ini.
Bagian Belakang
Tabung Baling-baling (Propulsor Duct)
Ini merupakan salah satu karakter khas Virginia yang paling gampang
dikenali dari luar. Mereka menyebutnya dengan nama Propulsor Duct. Bila
diartikan kurang lebih sama dengan tabung pelindung baling-baling propulsi
kapal selam .
Tanki Ballast/Trim
Tangki yang terletak di bagian depan dan belakang kapal berfungsi untuk
menampung air ketika kapal akan menyelam. Sebaliknya agar bisa kembali ke
permukaan maka kedua tangki tadi mesti di kosongkan. Selain itu ada pula tangki
yang bernama trims tanks, bagian tadi berguna untuk mengatur keseimbangan serta
bobot saat menyelam
***
Itulah tadi sedikit gambaran tentang isi perut dari Virginia Class yg
merupakan kapal selam militer tercanggih saat ini dan merupakan musuh krusial
bagi Typhon yg merupakan kapal selam militer utama AL Rusia. Walaupun AS telah
mengeluarkan dana yg tidak sedikit untuk pengembangan kapal selam ini, tapi
setidaknya kapal selam ini akan menjadi rujukan untuk pengembangan teknologi
dimasa depan karena diusungnya teknologi - teknologi canggih pada kapal selam
militer ini.
TYPHOON ( RUSSIA )
Proyek 941 atau Akula, Typhoon dalam penamaan dari NATO adalah jenis kapal
selam yang menggunakan tenaga nuklir dan memiliki senjata rudal balistik
berhulu ledak nuklir yang digunakan oleh Angkatan Laut Soviet ditahun 1980-an.
Typhoon adalah kapal selam kelas terbesar yang pernah dibangun dengan berat
48.000 ton. Typhoon memiliki fasilitas hidup yang layak untuk kru sehingga
dapat menyelam hingga 3 bulan tanpa muncul dipermukaan.
Typhoon sedang berada di lautan |
Pemberian nama masih belum jelas, meskipun Leonid Brezhnev dalam pidatonya
1974 sering mengklaim nama submarine berhubungan dengan kata
"Typhoon" ("Тайфун"). Typhoon didesain agar dapat
meluncurkan SLBM (submarine-launched ballistic missile) saat berada di laut es
Arktik, untuk menghindari traversal dari kesenjangan GIUK (Greenland, Iceland,
dan United Kingdom) untuk tetap aman dari serangan kapal selam dan anti-kapal selam musuh.
Typhoon merupakan kapal selam paling mengerikan di dunia yang mampu membawa
20 rudal balistik (SS-N-20). Typhoon dapat menembakan semua missile dengan
interval waktu 15 detik, 20 rudal itu masing-masing rudalnya membawa 10 hulu
ledak nuklir untuk menargetkan 200 kota di Amerika Utara dalam waktu sekitar 35
menit.
Pembuatan desain Typhoon dimulai pada tahun 1973 dan merupakan tandingan
kapal selam Trident Amerika yang bisa membawa 24 rudal antarbenua berbahan
bakar padat. Perkembangan desain dan ukuran rudal berbahan bakar padat milik
soviet sangat mempengaruhi desain Typhoon. Kapal selam Typhoon dintegrasikan
oleh dua lambung independen. Bentuk pepat dan desain lain Typhoon membuatnya
lebih lincah, lebih aman dan lebih mudah untuk melakukan perbaikan dan upgrade.
Typhoon memiliki dua reaktor berdaya 100.000 hp PWR dan terletak dilambung
kanan dan kiri kapal selam. Instalasi nuklir dilengkapi dengan sistem
baterai-bebas pendinginan. Kontrol batang reaktor secara otomatis turun bila
dalam keadaan darurat bahkan jika kapal selam terbalik.
Kapal selam Typhoon pertama kali beroperasi pada tahun 1981 dan yang
terakhir (keenam) pada tahun 1989. kapal selam Akula ketujuh tidak pernah
selesai karena berakhirnya Perang Dingin. Typhoon dianggap sebagai kapal selam
Rusia "Kelas 3". Semua Typhoon ditempatkan di dasar Nerpichya,
Zapadnaya Litsa fjord di Semenanjung Kola dan ditugaskan untuk Armada Utara.
Pada tahun 1992, salah satu kapal selam Typhoon rusak berat selama uji
menembakkan rudal dan akhirnya diperbaiki dan dioperasikan lagi. Sebagai tindak
lanjutnya, semua Typhoon di udgrade dengan rudal SS-N-24/26 .
Typhoon tampak belakang, terlihat 2 baling - balingnya |
Pada tahun 1997, 3 Typhoon (TK12, TK13 dan TK202) dinonaktifkan dan
dimasukkan ke dalam cadangan. Dua Typhoon yang terakhir dibangun (TK17 dan
TK20) diduga tetap aktif, tetapi belum melakukan misi apapun untuk tiga tahun
terakhir. Typhoon yang pertama dibangun (TK208) sedang diperbaikan di
Severodvinsk sejak tahun 1990 dan baru melakukan test uji coba. Beberapa pihak
bersepekulasi TK208 sebenarnya upgrade menjadi "Kelas 4" yang dalam
tahap pengembangan.
Pejabat Angkatan Laut mengklaim untuk memperpanjang waktu operasional
Typhoon sampai 2005-2007. Namun, pada Juli 1999, TK202 dibawa ke galangan kapal
Sevmash untuk dihancurkan, pekerjaan yang telah dibiayai oleh Program
Pengurangan Ancaman Amerika. Tapi berita penghancuran ini masih simpang siur.
Pada tahun 2008, National Geographic akhirnya merilis sebuah film dokumenter
tentang penghancuran salah satu Typhoon dalam seri "Break It Down".
Typhoon TK-13 di hancurkan pada 2007-2009.
Typhoon sedang meluncurkan rudal balistik |
Pada akhir Desember 2008, seorang perwira senior Angkatan Laut mengumumkan
bahwa dua kapal selam kelas Typhoon, TK-17 dan TK-20, yang dalam cadangan tidak
akan dipersenjatai kembali dengan sistem rudal Bulava SLBM baru. Namun mereka
akan dimodifikasi untuk membawa rudal jelajah penebar ranjau, atau dapat
digunakan dalam operasi khusus.
Pada akhir Juni 2009, Komandan Angkatan Laut, Laksamana Vladimir Vysotsky
mengatakan kepada wartawan bahwa dua kapal selam akan dipertahankan untuk
perbaikan dimasa depan dan modernisasi.
pada bulan Mei 2010, Komandan Angkatan Laut melaporkan bahwa Typhoon
akan tetap aktif sampai 2019. Typhoon dijadwalkan akan digantikan oleh kelas
Borei dimulai pada tahun 2010-11.
PABRIK KAPAL SELAM NUKLIR INGGRIS
BAE Systems Submarine Solusi adalah anak perusahaan yang sepenuhnya
dimiliki oleh BAE Systems, berbasis di Barrow-in-Furness, Cumbria, dan
bertanggung jawab untuk pengembangan dan produksi kapal selam.Pabrik Ini
mengoperasikan salah satu Kapal yang hanya ada sedikit di dunia yang mampu
membangun kapal selam nuklir, yang dahulu telah menciptakan kapal selam
Angkatan Laut Royal bertenaga nuklir sejak komisioning HMS Dreadnaught pada
tahun 1963 . Galangan kapal Barrow-in-Furness juga telah membangun kapal selam
sejak Belanda pertama kali dengan Royal Navy pada tahun 1903.Perusahaan ini
sedang membangun kapal selam kelas Astute, generasi baru serangan kapal selam
nuklir (SSN) untuk Royal Navy, yang pertama diluncurkan pada tanggal 8 Juni
2007
BAE Systems
0 Comments