type='text/javascript'/>

PERSONEL KOSTRAD DILIBATKAN DALAM PEMADAMAN KEBAKARAN DI RIAU

Pangkostrad Letjen TNI Gatot Nurmantyo  menyiapkan personel Kostrad   untuk ikut terlibat memadamkan kebakaran lahan di Riau setelah Presiden SBY meminta TNI dan Polri ikut membantu menangani kebakaran itu.
Sejauh ini, Kostrad  telah menyiapkan satuan setingkat Batalyon  atau sekitar 600 personel Kostrad yang ikut memadamkan kebakaran lahan. Dengan Dansatgas Brigjen TNI Tatang Sulaiman Kasdivif 2 Kostrad, Wadan satgas Kolonel Inf Arif Bukhori Aster Kaskostrad.
Satuan Kostrad yang terlibat adalah Batalyon Infanteri 303 Kostrad (400 personel), Batalyon Zipur 9 Kostrad (100 personel), Batalyon Kesehatan 1 Kostrad  (40 personil), Detasemen Perhubungan 1 Kostrad (30 personel) dan Yonbekang 1 Kostrad (20 personel) 
Sedangkan alat peralatan yang dibawa Alkom SSB  6 set, alkom 78 3 set, rifterling 2 set, Ht 338 berjumlah 30 unit, Toa 6 buah, antena heilsles 2 set, antena HWK 1 set, ampli 2 set serta menyiapkan alat kesehatan  di antaranya 11.000 masker, obat-obatan 4 Top dan menyediakan tenda pleton 3 unit untuk keperluan dapur lapangan.
Meski demikian, jika dibutuhkan, Kostrad akan menurunkan personel  dalam jumlah yang lebih besar untuk  membantu pemadaman kebakaran lahan.
Panglima TNI menjelaskan bahwa peran TNI adalah membantu BNPB. Bantuan TNI menyediakan hercules untuk melakukan rekayasa cuaca. Selain itu personel TNI juga akan diturunkan untuk membantu memadamkan api yang ada di darat.
"Hari ini diberangkatkan 1.400 personel dari Kostrad, Paskhas, Marinir, Polisi dan BNPB dengan menggunakan tujuh pesawat Hercules," tim akan dibagi ke sejumlah wilayah diantaranya Bengkalis, Dumai, Pelalawan dan Rokan Hilir, Siak, Rokan Hulu dan di Pekanbaru untuk pemadaman dan juga menjaga agar  pembakaran lahan tidak berlanjut,” je;as Kepala BNPB Syamsul Maarif di Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakesuma usai apel kesiapan tim gabungan, Selasa, Jakarta Timur (25/6/2013).
Total tim gabungan yang akan dikirimkan untuk memadamkan api yaitu sejumlah 2.252 terdiri dari Kostrad 600 orang, Marinir 600 orang, Paskhas 630 orang, Brimob 320 orang dan dari BNPB serta Kehutanan 102 orang.

Pesawat yang dilibatkan sejumlah tujuh pesawat Hercules C-130, satu pesawat CN-295 dan satu CN-235.

Share on Google Plus

About Cakra Prawira

Blog news ini di khususkan untuk update berbagai berita perkembangan dunia militer,ini sengaja dibuat atas kepedulian saya terhadap peningkatan wawasan dan pengetahuan tentang militer dan persenjataan bagi seluruh masyarakat di tanah air,mudah mudahan situs ini sedikitnya memberi kontribusi terhadap tujuan bangsa dan negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga pada suatu saat Indonesia menjadi sebuah negara yang cerdas,berwawasan dan kuat.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.