KEWALAHAN TANGANI KEBAKARAN TNI TAMBAH 2000 PERSONEL

PEKANBARU---Tentara Nasional Indonesia (TNI) menambah sekitar 2.000 personel untuk mengatasi masalah kabut asap akibat dari kebakaran lahan gambut di Provinsi Riau.

Komandan Korem 031/Wirabima Brigjen TNI Teguh Rahardjo mengatakan sekitar 2.000 personel tersebut terdiri atas 600 anggota Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), 600 anggota Marinir, 400 anggota Brimob, dan 400 anggota Paskhas TNI AU. "Nantinya, ribuan personel bantuan dari Mabes TNI itu akan membantu pemadaman api di sejumlah wilayah yang dianggap darurat, seperti Indragiri Hilir, Bengkalis, dan lainnya," katanya.

Dia mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 1.000 personel TNI berasal dari sejumlah kodim yang diturunkan secara khusus dalam rangka mengatasi kebakaran lahan dan mengatasi masalah kabut asap di Riau.
Teguh mengatakan upaya pemadaman titik api di berbagai wilayah selama ini telah berjalan dengan baik, beberapa titik telah berhasil dipadamkan.

Kendalanya, katanya, fasilitas yang masih relatif sangat minim, karena berbagai lokasi kebakaran kebanyakan cukup jauh dan sulit dijangkau.
"Terkait hal itu, sejumlah perusahaan juga telah berupaya membantu, terutama perusahaan-perusahaan yang arealnya berdekatan dengan lahan yang terbakar," katanya.

Komantan Satuan Tugas Udara, Danlanud Kolonel Pnb Andyawan mengatakan sekitar 2.000 personel kiriman dari Mabes TNI tersebut akan diterbangkan ke Riau dengan menggunakan pesawat herkules.
"Sesuai dengan instruksi pimpinan, segala fasilitas untuk menyambut kedatangan 2.000 personel tersebut telah disiapkan, termasuk tenda-tenda tempat mereka beristirahat," katanya.

Post a Comment

0 Comments