INILAH TUJUH PESAWAT BOMBER TERBAIK DI DUNIA SAAT INI


Inilah Top 7 Pesawat pembob ( bomber ) terbaik versi Military-Today.com analisa didasarkan pada nilai gabungan dari stealthiness,persenjataan,muatan,kecepatan,jangkauan dan teknologi.semua jenis pesawat yang terdaftar disini merupakan pesawat penghancur dan ampuh.analisa pula didasarkan pada spesifikasi,data yang tersedia dan perbandingan teknis.data ini tidak menyertakan pesawat yang sedang dalam pengembangan dan tahap prototipe.daftar ini mencakup pesawat yang sedang beoperasi.



1. Northrop Grumman B-2 Spirit (USA)




B-2 Spirit dirancang untuk digunakan pada target berskala prioritas tinggi.Bomber strategis ini dirancang saat perang dingin dimana B-2 merupakan program rahasia AS.
Saat ini B-2 merupakan pesawat termahal yang pernah diproduksi. terkait biaya untuk pesawat yang terlampau mahal Angkatan Udara AS (USAF) hanya mengoperasikan 20 pesawat.Pesawat canggih ini tidak pernah ditawarkan untuk pelanggan ekspor termasuk ke negara-negara Sekutu NATO.

Desain yang canggih dan coating penyerap radar membuat B-2 nyaris tidak dapat terdeteksi hal ini B-2 dapat dengan mudah memasuki wilayah pertahanan udara musuh.B-2 memiliki sistem tempur elektronik rahasia (secret electronic warfare system).Payload untuk B-2 mampu mengangkut sekitar  18.000 kg senjata,termasuk rudal jelajah,bom termonuklir konvensional,dan bom kendali.B-2 dapat terbang lebih dari 12.000 km tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar.
Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer


2. Tupolev Tu-160 (Russia)



TU-160 Tupolev dikembangkan selama perang dingin.Bomber strategis ini dimaksudkan untuk menyerang target vital AS.Pesawat ini tampak serupa dengan B-1B Lancer,namun ini adalah pesawat pembom yang terbesar  dan terberat yang pernah dibangun.

TU-160 membawa rudal jelajah dan rudal untuk serangan darat  berhulu ledak nuklir. maksimal payload 40 ton.Pesawat ini mampu terbang mencapai jarak 14.500 km.

Total produksi pesawat diyakini tidak lebih dari 39 unit.namun biaya produksi dan maintain untuk pesawat ini sangatlah mahal maka beberapa sumber mengklaim bahwa Russia hanya mampu mengoperasikan 16 pesawat saja.



3. Rockwell B-1B Lancer (America)



B-B1 Lancer merupakan bomber strategis AS.pesawat ini mulai beroperasi pada tahun 1986.Pada awalnya pesawat dirancang sebagai pengganti B-52.Lancer mampu membawa senjata nuklir.Pesawat  memiliki beberapa tingkatan stealthiness.dilengkapi sistem penangkal komperhensif dan dapat mengatasi sistem pertahanan udara musuh yang canggih.B-B1 Dapat membawa rudal dan bom internal sebanyak 34.000 kg.Ia juga dapat membawa muatan bom lebih dari bomber AS lainnya.

Dengan berakhirnya perang dingin B-B1 kehilangan peran sebagai pesawat serang bersenjata nuklir dan kembali menjadi alat tempur konvensional.

Sebanyak 100 unit B-B1 yang telah dibangun namun saat ini hanya 70 unit yang dapat dioperasikan dalam misi-misi tertentu.Pesawat ini diharapkan untuk tetap dalam pelayanan setidaknya sampai tahun 2030 yang selanjutnya akan digantikan oleh bomber generasi berikutnya.
Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer


4. Boeing B-52H Stratofortress (USA)


B-52 Stratofortrees adalah bomber AS yang dirancang untuk membawa senjata nuklir.Pesawat ini telah dioperasikan oleh AU-AS sejak 1955.Dengan total produksi sebanyak 744 unit.sejak diperkenalkan pesawat ini terus mengalami upgrade.Versi terakhir pesawat ini adalah B-52H.Pesawat memiliki kinerja yang handal dengan biaya operasi yang lebih murah.Saat ini ada 85 unit bomber B-52 yang masih aktif di Angkatan Udara AS yang direncanakan akan terus beroperasi hingga 2044.


B-52 telah digunakan dalam beberapa misi perang.namun saat ini ia hanya membawa amunisi konvensional dengan payload 32.000 kg amunisi,termasuk rudal jelajah dan bom kendali.Pesawat ini memiliki jangkauan jelajah 18.500 km tanpa melakukan pengisian bahan bakar ulang.
  Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer


5. Tupolev Tu-95 (Russia)

 Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer

Bomber strategis TU-95 mulai beroperasi pada tahun 1956 dan tetap menjadi bagian penting dari kekuatan udara jarak jauh Russia.awalnya bomber ini dirancang untuk membawa senjata nuklir untuk menyerang AS.pesawat ini dapat mengangkut sekitar 15.000 kg senjata.TU-95 model sekarang telah diperbaharui dan dapat membawa 6 rudal jelajah.Pesawat ini mempunyai jarak tempuh 12.500 km tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar.untuk versi terakhir telah mengalami peningkatan daya jelajah menjadi 15.000 km.

Lebih dari 500 unit pesawat telah dibangun.varian model pesawat yang beroperasi saat ini yaitu TU-95MS dan mulai beroperasi pada tahun 1984 produksi pesawat terus berlanjut sampai tahun 1992.Saat ini sekitar 60 unit TU-95MS yang dalam pelayanan dengan Angkatan Udara Russia.dan hanya Turboprop-lah pesawat bomber strategis yang digunakan.meskipun dengan usianya,Turboprop-Powered strategic bomber akan broperasi hingga 2040.
Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer 


6. Tupolev Tu-22M (Russia)

 Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer

TU-22M dikembangkan atas desain TU-22 sebelumnya.mengabungkan panel sayap luar variabel geometri.Pesawat ini memiliki rentang yang cukup untuk misi yang benar-benar strategis dan diklasifikasikan sebagai bomber jarak menengah.TU-22M dioperasika oleh Soviet Naval Aviation yang dimaksudkan untuk terlibat pertempuran dengan grup US carrier battle.

Kapasitas payload Bomber ini sampai 24 000 kg, termasuk rudal dan bom konvensional

Lebih dari 570 pesawat telah dibangun dengan semua versi.Untuk versi terbaru adalah TU-22M3 dan menjadi pesawat paling penting dalam kekuatan jarak jauh Angkatan Udara Russia.Sekitar 90 unit pesawat masih beroperasi di Angkatan Udara Russia dan lebih dari 58 unit dioperasikan oleh Naval Aviation.dan pesawat ini juga berada dalam layanan dengan Angkatan Udara India
Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer


7. Xian H-6 (China)

 Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer

Pesawat ini merupakan versi lisensi dari bomber jarak menengah TU-16 Soviet.sekitar 150 pesawat telah diproduksi.Payload H-6 dapat membawa 9000 kg termasuk variasi udara ke permukaan,rudal udara ke kapal dan bom konvensional.Pesawat ini juga memiliki kemampuan melakukan serangan dengan membawa senjata nuklir.

Beberapa varian dapat membawa rudal jelajah.Sebagai versi adalah H-6K yang menggunakan mesin terbaru,membawa lebih banyak bahan bakar,rudal jelajah dan dianggap sebagai bomber strategis mampu menyerang target dengan prioritas Asia.

Saat iniCina mengoperasikan sekitar 100 unit bomber.kebanyakan dari mereka dioperasikan oleh Angkatan Udara sementara beberapa digunakan oleh Angkatan Laut.Negara yang pernah mengoperasikan yaitu Mesir dan Iraq.
Strategi dan Alutsista MiliterStrategi dan Alutsista Militer



Post a Comment

0 Comments